Jumat, 01 Juni 2012

AKIBAT NARKOBA


Akibat penyalahgunaan narkoba adalah merusak susunan syaraf pusat dan organ-organ tubuh, merosotnya moral yang diikuti penyimpangan sosial dalam masyarakat. Dalam memenuhi narkotik, segala cara bisa dihalalkan dari menjual barang-barang hingga tindak pidana kriminalitas.
Secara rinci ada beberapa hal Akibat Penyalahgunaan Narkoba antara lain sebagai berikut :
 
Penyakit AIDS, paru-paru, jantung, hepatitis (penggunaan narkoba dengan suntikan/IDU adalah cara yang paling efektif penularan HIV/AIDS)
Gangguan jiwa (gangguan daya ingat, masalah otak dan kendali diri)
Kekerasan/kejahatan
Overdosis/kematian
Kriminalitas
Putus sekolah
Hancurnya keluarga
Putus kepercayaan orang
Hina di mata masyarakat
Penjara

Beberapa efek narkoba itu diantaranya kecanduan atau ketagihan, merusak otak dan daya piker, serta stroke. Otak sebagai pusat perintah manusia bagi pecandu narkoba akan tidak bisa berperan dengan baik karena dapat berakibat pada perubahan fungsi otak sehingga menimbulkan permasalahan ingatan, permasalahan konsentrasi serta kegamangan dalam mengambil keputusan dan penyalahgunaan narkoba dalam jangka panjang, mendorong terjadinya paranoia, depresi, agresi, dan halusinasi serta dapat juga mengganggu produksi hormon di dalam tubuh.
Penyalahgunaan narkoba juga dapat mengganggu produksi hormon di dalam tubuh sehingga dapat terjadi kerusakan Semua perusakan ini meliputi kemandulan dan penyusutan testikel pada pria. Sebagaimana juga efek maskulinasi yang terjadi pada wanita. Ciri fisik seorang pemakai narkoba biasanya mata mereka terlihat merah dan cekung sepeti orang kurang tidur, bibir mereka akan berwarna kecoklatan dan bahkan daya tahan tubuh mereka akan menurun drastis. Ketika daya tahan tubuh menurun, mereka akan mudah sekali terserang virus penyakit. Wajah dan tubuh mereka akan menjadi kurus kering dan kurang bergairah.

*sumber : http://pajarilahi94.blogspot.com/2012/03/akibat-narkoba.html*

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar